PERPUSTAKAAN INSTITUT AL FITHRAH (IAF) SURABAYA

Online Public Access Catalog (OPAC) - Perpustakaan Institut Al Fithrah

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
    Masuk Daftar Online
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of PENGARUH EMOSIONAL GURU TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA DI SMK WACHID HASYIM SURABAYA
Penanda Bagikan

Skripsi MPI

PENGARUH EMOSIONAL GURU TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA DI SMK WACHID HASYIM SURABAYA

M. Agung Saputra - Nama Orang;

Keberadaan guru dalam menanggani peserta didik dapat menghasilkan efek yang efektif
maupun sebaliknya. Dengan kata lain, guru terkadang menindak peserta didik terbawa dengan
emosinya, belum dikatakan dalam mengontrol emosinya untuk menghasilkan efek jera. Jika
seorang guru mudah meluapkan emosinya kepada siswanya, maka akan banyak ditemukan
dampak besar semakin melunjak kepada gurunya ataupun akan berdampak pada giat belajarnya.
Rumusan fokus masalah pada penelitian ini terfokus dengan emosional guru minat belajar
siswa, hingga pengaruh emosional guru terhadap minat belajar siswa di SMK WACHID HASYIM
Surabaya. Begitu pula setiap kegiatan tidak lepas dari adanya tujuan agar langkah yang dilakukan
menjadi jelas dan terarah. Adapun tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini untuk mendapatkan
gambaran tentang pengaruh emosional guru terhadap minat belajar siswa.
Jenis penelitian ini menggunakan penelitian field atau lapangan dengan pendekatan
kuantitatif, yang menekankan pada implementasi yang sudah terjadi dan terdata di lapangan. Data
penelitian berasal dari implementasi emosional guru dan minat belajar siswa di SMK Wachid
Hasyim Surabaya. Fokus data penelitian adalah daya kontrol emosional dari guru yang berimbas
terhadap minat belajar siswa. Berdasarkan standar yang telah penulis tetapkan, emosional guru
dari angka persentase kuisioner mendapatkan nilai 89,7% tergolong sangat baik karena berada di
antara 81%-100% maka dari itu dapat disimpulkan bahwa emosional guru di SMK Wachid Hasyim
Surabaya dinyatakan sangat baik. Sedangkan berdasarkan standar yang telah penulis tetapkan,
minat belajar siswa dari angka persentase kuisioner mendapatkan nilai 89,3% tergolong sangat
baik karena berada di antara 81%-100% maka dari itu dapat disimpulkan bahwa minat belajar
siswa di SMK Wachid Hasyim Surabaya dinyatakan sangat baik.
Dari data penelitian diatas, peneliti menemukan proses terjadinya emosional guru yang
dapat berpengaruh baik terhadap minat belajar siswa yang kemudian dikontekstualisasikan dengan
dampak terhadap penerimaan presepsi siswa. Sedangkan analisis data penelitian ini menggunakan
pendekatan kuantitatif atau korelasi product moment. Temuan penelitian, Pertama: emosional
positif dari seorang guru dapat mendukung berjalannya proses belajar-mengajar. Kedua:
Tingginya minat belajar siswa dapat memberikan keberhasilan pendidikan siswa. Ketiga:
Keterkaitan antara emosional guru dan minat belajar siswa diindikasikan memiliki pengaruh yang
cukup baik. Hal diatas berpijak pada perhitungan dengan hasil rxy 0,566 yang besarnya berkisar
antara 0,50-0,70, terdapat korelasi yang sedang atau cukupan. Maka dapat disimpulkan bahwa
adanya peran cukup kuat dari pengaruh emosional guru terhadap minat belajar siswa di SMK
Wachid Hasyim Surabaya.
Kata Kunci/ Key Word: Emosional, Guru, Minat Belajar, Siswa


Ketersediaan
#
Belum memasukkan lokasi (Koleksi Skripsi MPI) MPI A-2023 371.94 STAI AGU p
MPI00006SKRIPSI
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
MPI A-2023 371.94 STAI AGU p
Penerbit
Surabaya : Mahasiswa STAI Al Fithrah., 2023
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
371.94
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
Skripsi Tahun 2023
Subjek
Skripsi MPI
Manajemen Tenaga Pendidik
Emosional
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
M. Agung Saputra
Informasi Lainnya
Pembimbing
M. Faiz Al Arif, M.Pd.I.
Penguji
M. Faiz Al Arif, M.Pd.I., Dr. H. Nur Kholis, Lc., M.H.I., Aris Imawan, M.Pd.I
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN INSTITUT AL FITHRAH (IAF) SURABAYA
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

PERPUSTAKAAN IAF | NPP: 3578172B0000001 | Jl. Kedinding Lor, No. 30 | Surabaya – Jawa Timur Indonesia | Phone : (+62)878-5008-2717 | Email : perpustakaan@alfithrah.ac.id | WhatsApp: 0878-5008-2717

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?